Enterprise Resource Planning

ERP_Modules

Menurut wikipedia.org, Enterprise resource planning (ERP) adalah manajemen bisnis software-biasanya aplikasi terintegrasi-dimana perusahaan dapat gunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan menerjemahkan data dari berbagai kegiatan usaha, termasuk:

  • Product planning, cost
  • Manufacturing or service delivery
  • Marketing and sales
  • Inventory management
  • Shipping and payment

ERP memberikan pandangan yang terintegrasi dari inti proses bisnis, secara real-time, dengan menggunakan database yang dikelola oleh manajemen database sistem. Sistem ERP melacak sumber daya bisnis, bahan baku, kapasitas produksi dan status komitmen bisnis: pesanan, pesanan pembelian, dan penggajian. Aplikasi yang membentuk sistem berbagi data pada berbagai departemen (manufaktur, pembelian, penjualan, akuntansi, dll) yang menyediakan data. ERP memfasilitasi arus informasi antara semua fungsi bisnis, dan mengelola hubungan dengan stakeholder.

Sistem perangkat lunak Enterprise adalah industri multi-miliar dolar yang memproduksi komponen-komponen yang mendukung berbagai fungsi bisnis.Investasi TI telah menjadi kategori terbesar dari belanja modal usaha di Amerika Serikat selama dekade terakhir. Meskipun sistem ERP awalnya difokuskan pada perusahaan besar, kini perusahaan kecil semakin banyak menggunakan sistem ERP.

Sistem ERP dianggap sebagai alat bantu yang sangat penting dalam organisasi karena mengintegrasikan sistem organisasi yang bervariasi dan memfasilitasi transaksi dan produksi yang bebas dari kesalahan. Namun, pengembangan sistem ERP berbeda dari pengembangan sistem tradisional. Sistem ERP berjalan di berbagai perangkat keras komputer dan jaringan, biasanya menggunakan database sebagai repositori informasi.

Salah satu sistem ERP yang berbasis open-source adalah OpenERP atau sekarang lebih dikenal dengan Odoo.

taf

Leave a Reply